Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Saturday, August 23, 2014

Negeri Seribu Suluk

Tony
Upaya menjaga indentitas atau julukan Negeri Seribu Suluk, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan memberikan bantuan bagi 80 surau suluk tersebar di 16 kecamatan. Bantuan dana hibah yang akan diberikan sebesar Rp100 juta per surau suluk.

Demikian disampaikan Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si dalam acara Silaturahami dengan pimpinan surau suluk di pendopo rumah dinas Bupati Rohul di Pasirpangaraian, Rabu (13/8/14). Acara ini turut dihadiri Sekdakab Rohul Ir. Damri Harun MM, para Asisten, seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Camat di lingkungan Pemkab Rohul.

Bupati Achmad mengatakan 80 surau suluk Tarikat Naqsyabadiyah akan dibantu dalam bentuk uang sebesar Rp100 juta per surau. Bantuan itu untuk membangun bangunan surau, air bersih lengkap dengan pompa air, kelayakan fasilitas dan lainnya. Dana bantuan akan ditransfer ke rekening bendahara pengurus surau masing-masing.

Bantuan dana hibah, kata Bupati, akan dicairkan dalam tiga tahap. "Untuk tahap pertama Rp50 juta. Jika pekerjaan selesai, baru dicairkan tahap kedua dan ketiga," jelas Bupati Achmad dalam sambutannya dan mengatakan pencairan tahap dua Rp30 juta dan tahap ketiga Rp20 juta.

Menurut dia, jika proposal pengajuan dari pihak surau suluk sudah lengkap administrasi, dana bantuan bisa segera dicairkan dan ditransfer ke rekening surau suluk. Dan jika pekerjaan siap dalam dua bulan, dana Rp100 juta akan langsung dicairkan dengan cepat dan tepat waktu. "Tapi jangan sampai lewat bulan Desember tahun ini. Sebab dana bisa hangus," imbau Achmad.

Bupati menambahkan, jika proses kegiatan tidak ada persolan dalam tahun ini, maka pada 2015 mendatang, beberapa surau suluk akan dibantu kembali.

Dia mengharapkan, adanya bantuan itu, dapat menyelamatkan seluruh surau suluk. Negeri Seribu Suluk diharapkan tidak hanya gelar atau sebutan saja, namun bisa dibuktikan melalui bangunan surau suluk, khalifah dan jemaah suluk yang tetap eksis.

Masjid dan Mushala di Pinggir Jalan Akan Ditata

Bupati Rohul, Achmad berjanji akan menata seluruh bangunan masjid dan mushala di sepanjang jalan lintas. Bangunan umat Islam itu akan dibangun baik, namun untuk rencana itu akan dilaksanakan secara bertahap dan dimulai pada tahun ini.

Menurut Achmad, penataan rumah ibadah bertujuan agar nuansa keagamaan di Kabupaten Rohul benar-benar terlihat oleh masyarakat luar daerah yang berkunjung ke daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Kata dia, jika agama dijaga baik, tentu rezeki dari Allah SWT akan lebih melimpah ruah untuk hambanya. Jika agama dimuliakan atau dihormati, akan lebih banyak keberkahan bagi umat. Sebagai negeri religius, ujarnya, semua rumah ibadah yang terbengkalai sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk membangunnya. Diakuinya, untuk penataan masjid dan mushala akan disinergikan dengan kas daerah, sehingga pembangunan bisa berjalan.

Kampung Kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan Akan Dibangun

Selain itu, Bupati Rohul Achmad berjanji akan memperhatikan dan membangun kampung kelahiran tokoh suluk, Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Chlidi di Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan Kepenuhan.

Menurut dia, Kabupaten Rohul sudah terbukti melahirkan pahlawan nasional dan ulama besar, padahal sarana dan prasana masih minim. Kata dia, hal itu seharusnya menjadi dorongan dan motivasi bagi masyarakat Rohul.

Bupati Achmad mengungkapkan, nama Syekh Abdul Wahab Rokan sudah sangat dikenal jemaah suluk di Basilam, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Sebab itu, tak heran, hari kelahiran dan hari wafatnya diperingati oleh jemaah suluk.

Untuk pembangunan kampung Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa Rantau Binuang Sakti, diakui Bupati Rohul, sudah dikoordinasikan dengan Kementerian dan Kebudayaan. Di daerah itu diakuinya masih minim infrastruktur dan perlu dilakukan peningkatan secara bertahap. (Riauterkini)

Tony / Author & Editor

‘Menempuh jalan suluk’ berarti memasuki sebuah disiplin selama seumur hidup untuk menyucikan qalb dan membebaskan nafs (jiwa)

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates