Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Tuesday, March 21, 2017

Santri Mengajar: Menjadi Ustaz Pengabdian di Pesantren Kamboja, Vietnam dan Pedalaman Malaysia-Indonesia

Tony
Para santri yang berbakat di sebuah pesantren bisanya akan ditawarkan untuk melakukan pengabdian mengajar di pesantren tersebut dan cabang-cabang di tempat lain.

Namun tidak semua beruntung karena kuota yang tidak banyak. Ada yang berinovasi dengan membuka kesempatan mengabdi di masjid-masjid yang mempunyai lembaga pendidikan seperti TPA, pengajian dan lain sebagainya.

Sekarang ini sedang tren untuk mengabdi di lembaga pendidikan di pedalaman karena terdapat sisi petualangan yang disukai oleh beberapa orang tertentu.

Selain itu mengabdi di pedalaman masih membuka berbagai kesempatan lain selain aktivitas pengabdian. Misalnya masih terdapat kesempatan membuka usaha, belajar bahasa setempat dan lain sebagainya.

Pengabdian atau tugas belajar juga sebenarnya bisa dilakukan di luar negeri, khususnya di tempat yang masih membutuhkan guru. Misalnya di Kamboja, Vietnam atau di pedalaman Sabah yang di dalamnya terdapat pusat pembelajaran bagi anak-anak TKI.

Tentu, yang paling dibutuhkan adalah kemampuan untuk mempelajari budaya dan bahasa setempat agar mudah beradaptasi.

Selain itu, seorang aktivis pengabdian harus mampu belajar otodidak agar tidak tertinggal dengan sistem pendidikan yang kemungkinan berbeda di lokasi tersebut. Belajar otodidak itu bisa untuk menguasai sistem kurikulum, karakteristik mengajar dan lain sebagainya, bila tidak terbuka kemungkinan untuk kuliah di daerah terdekat.

Pengabdian juga dituntut hidup mandiri dan berusaha menjalani usha yang tidak berbenturan dengan kegiatannya. Secara umum, pengabdian sebagai tugas mengajar hampir sama dengan berbagai kegiatan lainnya seperti Indonesia Mengajar dan lain sebagainya.



Tony / Author & Editor

‘Menempuh jalan suluk’ berarti memasuki sebuah disiplin selama seumur hidup untuk menyucikan qalb dan membebaskan nafs (jiwa)

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates