Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Friday, March 21, 2008

Ajaran Budi Pekerti dalam Suluk Sujinah

Tony
Saat ini sangat dirasakan mulai menurunnya apresiasi masyarakat Jawa, kepada budayanya, khususnya yang menyangkut aspek budi luhur dan tata krama pergaulan antar sesama. Padahal selama ini masyarakat Jawa dikenal sebagai masyarakat yang lembah manah, andhap ashor, ramah dalam pergaulan, selalu tersenyum meski dalam keadaan menderita dan mengedepankan sikat toleransi Islam menghadapi perbedaan pendapat dan konflik.

Salah satu penyebab keadaan ini adalah rendahnya apresiasi mereka terhadap khazanah intelektual yang diwariskan oleh para leluhur mereka. Warisan ini memuat ajaran-ajaran, kata-kata hikmat dan petuah yang berharga, yang apabila diulas dan diberi polesan akan menjadi pegangan yang berharga bagi umat manusia, khususnya masyarakat Jawa dalam menghadapi ganasnya tantangan kehidupan dan perihnya hidup yang semakin membebani mereka. Salah satu warisan yang diwariskan oleh para leluhur adalah Suluk Sujinah, suatu karya yang termasuk kelompok Suluk Cirebon, yang kemudian berkembang luas di kalangan masyarakat. Peneliti telah mendapatkan tiga copi naskah ini yang berasal dari Majalangka (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah) dan Tulung Agung (Jawa Timur). Sebaran asal naskah yang cukup luas ini menunjukkan betapa luasnya pembaca naskah ini.

Sebagaimana karya-karya suluk lainnya, suluk ini mengajarkan tasauf (mistik) Jawa, yang menguraikan tentang Tuhan dan bagaimana cara bersatu denganNya, baik dengan ibadah yang dituntun oleh syari’ah, maupun budi pekerti (akhlaj). Adapun ajaran-ajaran budi luhur yang diajarkan suluk ini antara lain :
1. Hubungan guru dan murid
2. Tapa ngeli (tawakal)
3. Tapa ngluwat (ikhlas dalam beramal)
4. Melawan hawa nafsu
5. Menghindari makanan yang haram

Tony / Author & Editor

‘Menempuh jalan suluk’ berarti memasuki sebuah disiplin selama seumur hidup untuk menyucikan qalb dan membebaskan nafs (jiwa)

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates