Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Wednesday, March 29, 2017

Mengenal Jaringan Bisnis dan Usaha JBMI

Tony
Organisasi masyarakat Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) memang belum sebesarr organisasi lain yang ada di antara orang Batak seperti HKBP dan lain sebagainya.

Saat ini JBMI, hanya memiliki sebuah aset di Rawamangun, yang digunakan sebagai kantor pusat, pusat pelayanan hukum dan lain sebagainya.

Pimpinan Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan, Sumatera Utara, Buya Syeikh Ali Akbar Marbun merupakan salah satu Dewan Ulama JBMI dan merupakan Rais Syuriah PBNU.


Acara Silatnas JBMI di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Mandailing Natal.


Akan tetapi, organisasi ini memiliki sederetan tokoh-tokoh yang besar baik itu mantan pejabat, militer, kepolisian, pengusaha maupun praktisi pendidikan.

Kini organisasi ini diketuahi oleh H. Albiner Sitompul yang mempunyai latar belakang militer. (baca)

Banyak yang berharap kepemimpinan baru ini akan memberi dampak yang nyata bagi pembangunan umat muslim di Sumatera Utara, khususnya dan di Indonesia pada umumnya. (baca)

Sebelumnya JBMI pernah dipimpin oleh Marhaban Sigalingging (baca) dalam sebuah periode di masa kepemimpinan H. Amarullah Nasution.

Graha Marhaban (Sigalingging) di Bekasi



Yang terakhir ini merupakan tokoh dunia pendidikan lulusan UI, dia mempunyai jaringan perguruan tinggi, yang tersebar di Kepulauan Riau (UNRIKA) (baca), Universitas Labuhan Batu di Rantau Parapat dan Pesantren Daru Falah, Langgapayung.

Darul Falah Langga Payung

UNRIKA di Batam



Universitas Labuhan Batu:




Namun, dari sekian banyak kegiatan yang dilakoni, sepertinya ada satu hal yang dilupakan bahwa perlu adanya aset primer yang mendukung kegiatan yang menjadi ciri khas sebuah ormas Islam.

Beberapa diskusi telah dimulai untuk mendirikan jaringan masjdi JBMI, lembaga pendidikan JBMI, rumah sakit JBMI dan lain sebagainya.

Karena bila itu semua tidak dimulai dari sekarang maka akan sulit untuk melakukannya di masa mendatang.

Kini, Albiner Sitompul juga menjadi Ketua Umum, ormas Gabema (baca). Ormas yang konsen dalam pembangunan masyarakat di Tapanuli Tengah ini, diresmikan di gedung The Akbar Tanjung Institute, di Jakarta.


Harapan besar, JBMI dan begitu juga ormas lainnya seperti Persatuan Batak Islam (PBI), Punguan Batak Muslim Indonesia (PBMI), Ikatan Keluarga Batak Islam (IKBI) Batam dan lain sebagainya dapat memberikan sumbangsih yang nyata untuk kemajuan umat.

Tony / Author & Editor

‘Menempuh jalan suluk’ berarti memasuki sebuah disiplin selama seumur hidup untuk menyucikan qalb dan membebaskan nafs (jiwa)

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates